Ada apa dengan search engine Google?

Iseng-iseng buka blog temen SMAku Reza, mahasiswa TE ITB yang melanjutkan sisa semesternya di Jepang, nemu postingan dia yang berjudul “Google Salah Jawab?”Penasaran, kubaca. Berikut sepenggal tulisan dari blognya si Reza :Hari ini, saya ingin mencari informasi tentang HME ITB (entah mengapa, tiba-tiba pengen aja). Saya ketik 2 kata “HME ITB” di kolom search engine Google. Dan ternyata, halaman apakah yang keluar di baris pertama?

Ya.. Foto saya di account Friendster teman (

Kenapa ini bisa terjadi? Apa karena account teman saya itu yang begitu populernya di ranah Friendster sehingga Google meng-index-nya dengan PageRank yang tinggi? Atau memang teman saya itu menerapkan strategi SEO, menangkap bahwa kata HME ITB merupakan kata yang cukup sering dicari orang di Google, dan lalu mencantumkan nama itu di samping nama saya dalam galeri fotonya?

Lalu saya memberi tanggapan ke postingannya sebagai berikut :

Setelah baca postinganmu di atas, aku iseng2 nyoba searching HMTC ITS. Dan hasilnya, pagerank ketiga adalah postingan di blogku yang blog.its.ac.id/ernyarifia yang berjudul er my nee » Makan-makan on departemen 3 Kewirausahaan HMTC-ITS, yang jelas-jelas isinya foto-foto narsis waktu makan-makan di resto Wapo.

Padahal blogku nggak begitu populer. Lalu kuberitahu temenku. Ketika dia coba-coba, malah blogku jadi pagerank yang pertama. Beeee……..

Untuk lebih jelas, klik gambar dibawah ini

pagerank.JPG

Tinggalkan Balasan

