Dominasi Jakarta…

Iri pada jakarta

Yah, itulah kalimat yang mengawali postingan di blogku kali ini

Betapa tidak, segala aspek kehidupan berpusat di Jakarta. Mulai dari pemerintahan, dunia entertainment, education, dan sebagainya. Sampai-sampai walaupun kita bukan orang jakarta atau bahkan belum pernah ke jakarta, kita hafal nama-nama daerah di jakarta seperti grogol, jagorawi, tanjung duren, dll.

Miris. Suatu hari ketika aku ke Tangerang, ada orang laki-laki yang yah umurnya masih bisa dibilang muda lah sekitar 20-an, bertanya kepadaku ketika kebetulan melihatku membawa tas ransel besar “Neng ini mau kemana?”. Aku menjawab “Mau pulang ke Surabaya Mas.” Lalu mas itu bertanya lagi “Surabaya teh dimana neng? Deketnya Jogja ya.” What? Aku hanya bisa tertegun, gak bisa ngomong. Duh, Surabaya deketnya Jogja? Emang deket, tapi kalo diliat di peta skala 1:3000.

Duh, mulek terus di Jakarta dan sekitarnya sampek gak tau dimana Surabaya. Moga-moga aja orang kayak gini gak banyak-banyak amat. Kalo masih banyak, berarti sistem pendidikan di Indonesia perlu digodok lagi. Surabaya man! Kota terbesar kedua di Indonesia aja gak tau, apalagi instansi pendidikan di surabaya macam ITS, Unair, dan perguruan tinggi lain di Surabaya. Bisa-bisa bertanya “makanan apa itu neng?”

Kembali ke dominasi Jakarta, seringkali kita melihat film Indonesia dan sinetron-sinetron dalam kesehariannya menggunakan panggilan “loe gue loe gue”. Yah, meskipun seluruh Indonesia sudah tahu arti kata loe dan gue, tapi khan yang nonton bukan cuma warga jakarta. Aku jadi teringat kata-kata Pak Prabowo Subiyanto saat melihat beliau di acara Metro TV ketika beliau dinobatkan sebagai person of the year oleh Metro TV. Beliau berkata kurang lebih demikian “Saya sangat bangga jika anak-anak Indonesia menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, tidak loe gue loe gue-an. Suatu ketika ada seseorang yang jauh lebih muda dari saya menelpon saya sambil berkata ‘Pak, aku jadi make bapak’. Langsung saja saya ngomong ke dia ‘Gak usah. Aku sudah kaya. Aku gak perlu kamu pake’. Saya tidak suka ketika ada orang yang lebih muda menggunakan kata ‘aku’ kepada orang yang lebih tua. Lebih sopan bila ia menggunakan kata ‘saya'”

Sedikit cerita diatas karena dominasi jakarta gak berhenti disitu. Suatu hari aku melihat iklan sebuah operator CDMA yang ngasih pulsa gratis 100% tiap isi ulang. Awalnya aku seneng banget mengingat aku adalah pengguna setia operator CDMA tersebut. Tapi ujung-ujungnya aku harus gigit jari karena menjelang iklan berakhir terdapat tulisan sangat kecil yang bertuliskan hanya berlaku di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Kecewa deh….

Itu dulu, capek ngetik terus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: