Lintang dan Laskar Pelangi

Sebagian besar pembaca buku tetralogi Laskar Pelangi pastilah setuju ketika pertama membaca buku Laskar Pelangi, mereka akan langsung jatuh hati pada sesosok bocah super cerdas bernama Lintang Samudera Basra. Yup, sang Isaac Newton-nya Ikal ini memang benar-benar luar biasa, namun sayang nasibnya tak secemerlang otaknya. Kelas 2 SMP dia harus berhenti sekolah karena sang ayah meninggal, sedangkan Lintang harus menggantikan tugas sang ayah untuk menafkahi ibu, beberapa saudara perempuan, dan paman yang agak terbelakang.

Pertanyaan yang terlintas di benak saya adalah, benarkah seorang jenius Lintang ini memang nyata adanya? Toh kalau dia memang nyata, saya benar-benar ingin sekali bertemu dia. Iseng-iseng saya searching tentang keberadaan Lintang, ternyata saya mendapatkan temuan yang mengejutkan dan memang cukup mengecewakan.

Yup, kesimpulan-kesimpulan dari artike-artikel yang saya baca adalah, ternyata sang Isaac Newton ini hanya berada di alam khayak Andrea Hirata, sang pengarang tetralogi Laskar Pelangi.

Inilah fakta-faktanya :

1. Saat Bu Mus diwawancarai Andy F. Noya, presenter kick andy, ketika ditanya kenalkah pada bocah bernama Lintang, lalu bu Mus menjawab tidak pernah kenal bocah bernama Lintang. Sungguh aneh anak sejenius itu tak diingat oleh bu Mus.

2. Saat Andy F. Noya bertanya pada bu Mus dan anggota Laskar Pelangi, siapakah yang paling pintar di kelas? Semua kompak menjawab Andis, -nama kecil Andrea Hirata waktu di Belitong, bukan Ikal-.

3. Saat launching film Laskar Pelangi, bu Mus dan anggota Laskar Pelangi diundang. Namun tak nampak batang hidung seorang Lintang. Kemanakah ia?

Namun apapun itu, saya mengakui bahwa Laskar Pelangi memang karya yang luar biasa, terlepas itu adalah kisah nyata atau rekayasa. Toh suka-suka Andrea Hirata, dia yang mengarang, dia pula yang bermain-main dengan jalan cerita. Dan yang pasti saya setuju jika buku tersebut dinobatkan sebagai The Most Powerful Book in Indonesia.

1 Response so far »

  1. 1

    luxsman said,

    hanya andrea hirata dan Tuhan yang tau….


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: