Bedanya Kartu kuning dengan Kartu Tanda Pencari Kerja

Sudah sebulan lebih saya bekerja di dinas tenaga kerja (selanjutnya disebut disnaker). Tentu sudah banyak ilmu yang saya dapat. Nah, saya ingin berbagi ilmu dengan teman-teman sekalian terutama yang masih menjadi job seeker.

Ternyata, selain menangani masalah perselisihan seperti PHK dan kawan-kawan, disnaker juga membantu mencarikan pekerjaan bagi para angkatan kerja yang belum mendapatkan kerja, atau mereka yang sudah bekerja namun ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Bagaimana caranya agar disnaker mencarikan Anda pekerjaan (khusus Surabaya ya)?

Syaratnya cukup mudah. Anda mendaftar untuk membuat kartu tanda pencari kerja, atau yang jamak disebut kartu kuning. Akhir-akhir ini, persepsi yang timbul di masyarakat adalah : mengurus kartu kuning untuk pendaftaran PNS. Padahal, tahukah Anda bahwa fungsi kartu kuning lebih dari itu.

Ketika Anda telah membuat kartu kuning di UPTSA, yang berlokasi di sebelah barat Samsat Manyar, lalu Anda datang ke kantor disnaker di Jalan Jemursari II No. 2 Disana, Anda mendaftar untuk dicarikan pekerjaan. Selanjutnya berkas-berkas Anda seperti CV, foto copy ijazah-transkrip, dan sebagainya akan diminta.  Setelah itu, oleh disnaker, berkas Anda akan diproses dan dikelompokkan menurut latar belakang pendidikan, jenis kelamin, dan lain-lain. Ketika ada perusahaan yang melaporkan ke disnaker bahwa mereka membutuhkan pegawai dengan kriteria ini itu, maka pelamar yang memenuhi kriteria akan ditelpon oleh disnaker. Nah, sebelum pelamar “diserahkan” ke perusahaan, dari disnaker akan ada wawancara khusus. Semacam memberi dorongan psikologis. Setelah dirasa pekerja siap, langsung deh “diserahkan” kepada perusahaan.

Oke, sekian dulu. Semoga bisa membantu Anda para job seeker untuk segera mendapatkan pekerjaan. Selamat mencoba.

34 Tanggapan so far »

  1. 1

    dazzdays said,

    mau tanya, kalau KTPnya domisilinya beda dengan tempat mendaftar apa bisa daftar? misal KTP saya jakarta, terus mau buat kartu kuning di Surabaya, apa bisa? sebelumnya makasih ya…🙂

  2. 3

    kimwa said,

    Terima kasih atas infoX

  3. 4

    Kalau kartu kuningnya dari luar surabaya (lampung), terus butuh kerjaan di surabaya (karena sekarang lagi di surabaya), kalau kartu kuningnya “dititipkan” di disnaker surabaya bisa gak ya? supaya kalau ada lowongan pekerjaan nantinya bisa dihubungi.
    Thanks sebelumnya

    • 5

      er my nee said,

      kartu kuningnya ya kita bawa sendiri. Gak bisa dititipkan. Nah di disnaker itu daftar. Nanti dikasih form. Trus kalo ada lowongan ya dihubungi berdasarkan data yang diisikan pada form itu.

  4. 6

    rangga said,

    saya barusan ngurus K.Kuning tp msh agak bingung cara penggunaanx, misalx saya maw mndaftar d suatu PT,instansi tw smacamx, apakah k. kuningx harus saya lampirkan jg bersama berkas lamaran saya?? Jika ya apakah yang aslix saya lampirkan ataw cukup copianx saja ya brwarna kuning tw putih??? sebelumx thanks atas infox…..

    • 7

      er my nee said,

      Setau saya kartu kuning hanya untuk pendaftaran CPNS. Kalau di perusahaan swasta atau BUMN, seringnya nggak minta. Tapi bisa saja minta tergantung kebijakan perusahaan

    • 8

      er my nee said,

      Kalo untuk pendaftaran CPNS, cukup kirim fotokopi legalisir aja

  5. 9

    andy said,

    saya mau nanya, ntar klo kota daftar gitu dan kita dah diterima apakah nanti ada semacam potongan gitu kayak outshorsing ????

  6. 11

    hendry said,

    kalo domisili n KTP sidoarjo bisa daftar d Surabaya ndak?? Tmpt pengurusan kartu kuning d sidoarjo itu sebelah mana? Syaratnya apa saja? Makasih tlg email saya..

    • 12

      er my nee said,

      Seperti di Surabaya ya melayani KTP Surabaya saja. Wah saya kurang tau kalo Sidoarjo. Coba tanya dinas tenaga kerja setempat

  7. 13

    rio said,

    untuk ijazah yang dilampirkan apakah harus legalisir?dan ijazah terakhir atau iajazah dari sd sampai pendidikan terakhir. terimakasih

  8. 15

    Dedi said,

    kalau legalisisr kartu kuning surabaya di mana tempatnya dan bayar/gratis buat biaya legalisirnya??
    itu langsung jadi atau bebehari kemudian ngambil lgalisirnya??
    soalnya saya mau legalisir kartu kuning buat melengkapi administrasi pendaftaran cpns.
    terimakasih.

  9. 17

    nophie said,

    kl mo buat kartu kuning,yg dibawa apa aja ke UPTSA?

    • 18

      er my nee said,

      Ijazah + transkrip legalisir, foto copy KTP, foto. Lebih lengkapnya datang saja ke jalan menur 31 C jika anda warga Surabaya

  10. 19

    fafa said,

    fafa berkata ,
    kalau mendaftar jadi guru gitu Krtu kuningnya dilampirkan ndk????mkch,,

    • 20

      er my nee said,

      Rasanya semua cpns baik guru, tenaga kesehatan maupun umum, semua mencantumkan kartu kuning (sekarang namanya AK1)

      • 21

        rizki said,

        apakah ada sanksinya jika dlm waktu 6 bulan tidak lapor ke disnaker?
        jika selama masa berlaku kartu (2th) saya tidak lapor apakah masih bisa membuat yg baru? apakah ada sanksinya?
        terimakasih

  11. 22

    nanang said,

    lo wat daftar pT atw resto perlu nda kartu kuning??
    trs pke fotocopy atw asli?

  12. 23

    erwan said,

    makasihtgan infonya
    bermanfaat banpet

  13. 24

    putri said,

    Buk, apakah mengurus kartu kuning untuk CPNS dengan ujian DIII Keperawatan tp ijazah terakhir dan SKHU sementaranya jg belum keluar dr kampus ,,,,,apakah saya bisa mengurus dengan ijazah SD-SMA ?

  14. 25

    tadi saya buka syarat pendaftran cpns kejaksaan. disitu kok ga ada persyaratan kartu kuningnya ya?
    apa untuk formasi cpns tertentu memang ga perlu kartu kuning?
    terus kartu kuning itu bisa dibuat kapan aja tanpa batas waktu ya?

  15. 26

    terimakasih atas infonya🙂
    dan tolong segera dijawab ya🙂

  16. 27

    Kanya said,

    saya sudah pernah membuat kartu kuning dan dikatakan bahwa tiap 6 bulan sekali harus lapor.jika saya telat lapor ( > dari 6 bulan baru lapor) ato saya tidak lapor sama sekali apakah ada sanksinya?jika ada berupa apa?kalau telat lapornya terlalu lama bisakah saya membuat baru?terima kasih.

  17. 28

    Ayu said,

    Kalo saya buat kartu kuning tapi salah ketik tanggal lahir dalam pembuatan di komputer,
    itu masalah tidak?

  18. 29

    mau nanya, kalo ngurus kartu kuning apa harus ke uptsa jl. menur dulu? kalau langsung datang ke disnaker yang di jl. jemursari bagaimana?
    soalnya saya mau ngurus kartu kuning. tp bingung bagaimana langkah-langkah untuk mengurusnya.
    -mohon balasannya, terima kasih-

    • 30

      er my nee said,

      Mbak Eka, langsung saja datang ke UPTSA dengan membawa persyaratan yang diperlukan seperti ktp, ijazah terakhir+transkrip, dll. Dan sekarang setahu saya UPTSA sudah dipindah ke Gedung Siola.

  19. 31

    iwan said,

    kalau ngurus kartu kuningnya di malang truz nglamar krjnya di luar malang apa bisa..
    trims sblmnya..

  20. 32

    Chep Nursyam said,

    saya berencana untuk melamar jd TKI , di sana ada persaratan membuat kartu kuning , tp kartu kuning yg saya punya ada cap ” tidak berlaku ke luar negri ” , apa bisa di gunakan tidak pak / bu mhon bantuannya .

  21. 33

    Chep Nursyam said,

    terima kasih informasinya , sangat membantu

  22. 34

    er my nee said,

    Mohon maaf saudara2 sekalian. Blog saya lama sekali tidak aktif dikarenakan kesibukan saya menjadi ibu dan saya sudah dimutasi ke dinas perhubungan. Sekarang saya mengenai masalah lalu lintas. Mohon maaf jika saya tidak sempat/terlambat menjawab.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: